• SMK NEGERI 4 BONE
  • SMK Bisa...!!!! SMK Hebat....!!!

Aksi Nyata Pendidikan Calon Guru Penggerak Modul 1

Oleh

Martini, S.Pd., M.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bone

Mewujudkan merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila di lingkungan sekolah berawal dari usaha untuk menerapkan budaya positif kepada murid dan lingkungan sekolah. Berawal dari guru menginternalisasi profil pelajar pancasila, menerapkan peran dan nilai guru, menganalisis kondisi dengan Inquri Apresiatif serta metode BAGJA nya dan menanamkan budaya atau disiplin positif kepada murid. Maka diperlukan usaha berkesinambungan dari guru dan lingkungan sekolah untuk menampakkan atau memberikan panutan akan budaya positif kepada siswa.

Modul 1.1. Profil Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan dan pengajaran Indonesia menganut filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara “ Ing ngarso sung tulodo, ing madya mangunkarso, tutu wuri handayani” bahwa guru berperan sebagai pamong, yang menuntun dan memberikan panutan sehingga memiliki kekuatan hidup mandiri, bermasyarakat dan berbudaya serta hidup selamat dan bahagia. Guru juga diharapkan membiasakan Profil Pelajar Pancasila untuk mewujudkan pelajar indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat dan memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai luhur pancasila. Pendidikan harus diselaraskan dengan nilai nilai budaya setempat dan budi pekerti luhur, tanpa melupakan unsur pendidikan yaitu menuntut hidupnya kodrat siswa. Mengamalkan profil pelajar pancasila yaitu kreatif dalam dunia pendidikan. Menggunakna teknologi sebagai media pembelajaran.

Bentuk aksi nyata saya adalah menginternalisasikan budaya tulisan lontara kedalam dunia kelas siswa dan mengaitkan dengan karakter kreatif siswa, yaitu mendesain ruang kelas dengan tulisan Lontara agar kental dengan nuansa budaya bugis. Dalam proses pembelajaran saya berusaha memunculkan tahapan dimana siswa muncul ide kreatifnya, baik dalam membuat ringkasan materi atau bentuk tugas yang di kumpulkan siswa untuk penilaian sebagai bentuk mengukur sejauh mana siswa paham materi yang disampaikan dan mengajar menggunakan media geogebra sebagai wujud penggunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran siswa.

gbr1

Aksi Nyata modul 1.1 juga dapat dilihat pada video berikut https://youtu.be/Ujhjz2zNWCo

 

Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru

Kompetensi guru penggerak ada 4 yaitu: mengembangkan diri dna orang lain, pemimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Guru juga memiliki nilai yaitu mandiri, kreatif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Serta guru juga memiliki peran yaitu: Pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktis, menjadi coach bagi guru lain, mendorong keberhasilan guru dan mewujudkan kepemiminan murid.

Bentuk aksi nyata yang saya lakukan adalah mengajar menggunakan papan tulis interaktif, menggunakan aplikasi menggambar yang efektif mengajar matematika yaitu Geogebra. Wujud peran guru dalam menggerakkan komunitas praktis adalah membimbing guru lain khususnya guru matematika menggunakan apliaksi geogebra dalam pembelajaran.

gbr2Aksi nyata modul 1.2. dapat dilihat pada video https://youtu.be/6iIiGPh2AS0

 

Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia menganut filosofi KHD bahwa usaha guru dalam menuntun tumbuh dan berkembangnya kodrat positif siswa untuk bisa hidup selamat dan bahagia sebagai manusia dan anggota masyarakat. Bertujuan agar murid memiliki karakter profil pelajar pancasila yaitu murid memahami bahwa belajar itu sepanjang hayat memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai pancasila. Untuk mewujudkan hal tersebut guru diharapkan memahami dan menerapkan peran dan nilai guru, menyusun dan mewujudkan visi diperlukan paradigma perubahan pola pikir yaitu paradigma kolaboratif, dengan melakukan perubahan yang berbasis kekuatan, perbaikan sistem dan dimulai dengan pertanyaan positif, suasana menyenangkan dan apresiatif, yaitu Inquri Apresiatif (AI) dengan metode BAGJA. Bentuk aksi nyata saya adalah menganalsis peta kekuatan sekolah dan murid dengan Tabel BAGJA dan Inquri apresiatifnya dna menerapkan di kelas melalui literasi Al Qur’an, Gotong royong, Murid kreatif

gbr3

Aksi nyata modul 1.3. dapat dilihat pada video berikut https://youtu.be/YKvazoq3MDg

 

Modul 1.4. Budaya Positif

Saya melaksanakan aksi nyata dengan membuat keyakinan kelas pada kelas XII TKJ dan X OTKP. Aksi nyata selanjutnya adalah aksi berbagi informasi tentang budaya positif kepada rekan guru/ komunitas praktis pada SMKN 4 Bone. Saya berbagi informasi tentang perubahahan paradigma tentang disiplin, sangsi/ konsekuensi dan pengargaan, 5 posisi kontrol guru dan posisi manajer yang paling ideal, 3 motivasi perilaku manusia, 5 kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas dan restiga restitusi.

Berikut dokumentasi aksi nyata saya:

gbr4

Aksi Nyata melakukan segitiga restitusi kepada siswa dapat dilihat pada video berikut https://youtu.be/4Q617eXNJXo

gbr5

Sedangkan bentuk Aksi nyata membat kesepakatan kelas di kelas  XII TKJ dapat dilihat pada video berikut https://drive.google.com/file/d/1myj2Ha3Fv4qzUIYbeFybUJS-b2DXKu0G/view?usp=sharing dan kesepakatan kelas pada X OTKP pada video berikut https://drive.google.com/file/d/1gdQRfwOKdmf2noM3aWJt2z-_mZrR-GXR/view?usp=sharing

Sekian dan Terima Kasih

Mari Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan Mewujdukan profil pelajar pancasila dan Merdeka belajar

Salam Guru Penggerak

Komentar

Sukses selalu. Teruslah berkarya Menjadi penggerak perubahan mewujudkan merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila.

Terus berkarya dn jdi penggerak perubahan..

silahkan dikomentari

Mantap...Sukses slalu

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
BIMTEK SMK-PK 2022

Bimbingan Teknik (Bimtek) SMK Pusat Keunggulan yang dilaksananak Direktorat Jendral Vokasi Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi RI pada tgl 30 Mei–1 Juni 2022 bertempat di Ho

01/06/2022 20:10 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 3.2. PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

A. Latar Belakang Filosofi pendidikan Indonesia menurut Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan adalah proses menuntun tumbuh kembangnya anak sesuai dengan kodratnya agar anak tersebut

28/05/2022 23:53 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
Koneksi Antar Materi: Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

By Martini, S.Pd., M.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dari SMKN 4 Bone Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Perkenalkan saya Martini, S.Pd., M.Pd, Calon Guru Penggerak Angka

25/04/2022 14:23 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
SMKN 4 BONE MENUJU SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)

Program Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Pusat Keunggulan merupakan salah program prioritas dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebuda

07/04/2022 12:10 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
PERSIAPAN SSB SISWA 2020

  Pengumuman Persiapan SSB (Simulasi Skala Besar) UBKD 2020 untuk siswa.Bapak/Ibu Tim Teknis mohon menginformasikan  kegiatan SSB kepada sekolah di wilayah masing-masing, yan

10/11/2020 18:42 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
Pengumuman Kelulusan 2020

Kelulusan Siswa tingkat SMA/SMK/SLB kelas akhir akan diumumkan pada 2 Mei 2020. Pengumuman kelulusan yang semula akan diumumkan pada 6 Mei 2020, dimajukan menjadi 2 Mei 2020. Hal terseb

01/05/2020 06:40 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
Jadwal UNBK SMK 2020

Ujian Nasional kembali akan diselenggarakan pada tahun 2020 untuk tingkat SMK/MAK tahun ajaran 2019/2020. Jadwal UNBK SMK/MAK 2020 direncanakan akan diselenggarakan pada pertengahan bul

13/10/2019 08:44 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
Siswa Jaman Now, Antara LITERASI atau Jadi TERASI LITER

Rendahnya minat baca di kalangan generasi muda di era milenium ini, terbukti dari banyaknya sindrome bermain game baik offline maupun online. Pesatnya perkembangan dunia tekno

10/10/2019 10:08 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
K13 masih model ceramah??? udah ga Jaman!!!!

Apakah Bapak/Ibu guru sudah menerapkan model pembelajaran yang dianjurkan dalam  kurikulum tahun 2013 (K13) ?. Dalam pembelajaran K13 seharusnya bapak dan ibu guru sudah meninggalk

10/10/2019 10:06 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr
Keterlibatan Dandim 1407/Bone dalam MPLS SMKN 4 Bone

Kegiatan MPLS SMKN 4 Bone sudah memasuki hari ke 3, berbagai materi telah disajikan kepada 146 Peserta, Materi-materi khas MPLS telah tersaji dan dibawakan oleh rekan-rekan guru SMKN 4

10/10/2019 09:59 WIB - Sudarman, S.Pd., Gr